Kamis, 24 Desember 2015

Mau Umroh atau Haji? Allah Maha Kaya. Percayalah!!

Rasanya hampir tidak percaya ketika saya mendapat ajakan untuk berangkat umroh bersama jamaah umroh Ziarah Expedia Wisata. Adalah Pak Muhammad Soleh Purba dan Bu Yetti Hendrawati yang menjadi wasilah bagi saya untuk insya Allah bisa berangkat umroh pada 21 Januari 2016 nanti. Beliau berdua memang sosok yang sudah tidak asing lagi bagi saya. Beberapa tahun yang lalu saya sempat menjadi guru ngaji bagi keluarga beliau. Kedermawanannya pun sudah tidak diragukan lagi. Sudah banyak bantuan beliau berdua baik untuk perorangan, lembaga pendidikan, maupun kehidupan sosial.

Syukur yang tidak terhingga saya lantunkan sepanjang waktu kepada Allah SWT atas karunia ini. Mungkin bagi sebagian orang umroh sudah bukan merupakan hal yang aneh, umroh merupakan hal yang sudah biasa. Akan tetapi bagi saya mendapatkan kesempatan berangkat umroh merupakan sesuatu yang luar biasa. Betapa tidak, kondisi keuangan dan pendapatan yang ada saat ini secara perhitungan matematis saya sebagai manusia rasanya jauh panggang dari api. Tapi, dengan adanya kesempatan ini memastikan dan memberikan keyakinan yang kuat bagi saya bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Kalau Allah sudah berkehendak maka segala sesuatunya bisa begitu sangat mudah. Jangan pernah mengukur segala sesuatu hanya dengan perhitungan kita saja sebagai manusia, tapi percayalah bahwa Allah-lah Sang Pemilik semesta. Berperasangkalah yang baik kepada Allah dan mintalah apa yang menjadi keinginan kita kepada-Nya tanpa ada keraguan sedikit pun. Yakinlah!!

Yang lebih "istimewa" lagi, saya tidak hanya diajak umroh semata, akan tetapi saya diminta untuk menjadi salah satu pembimbing umroh ini. Wow... yang bener aja, saya kan baru umroh sekarang, masa' sih saya jadi pembimbing? Bagaimana bisa? Saya bertanya-tanya di hati saya. Tapi, kemudian saya berusaha meyakinkan diri saya bahwa insya Allah saya bisa. Walaupun saya baru tapi bukan berarti saya blank sama sekali, kan kita bisa belajar dari video-video bimbingan yang berada di Youtube atau saya juga bisa bertanya kepada orang-orang yang pernah umroh. Asal kita mau belajar insya Allah semua akan bisa berjalan dengan baik.

Keberangkatan umroh ini memberikan pesan kepada siapapun yang ingin umroh atau haji tapi kemampuan secara finansial kurang jangan pernah menyerah. Pertama, lakukan dengan baik apa yang menjadi pekerjaan kita saat ini dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. Kedua, bekerjalah semata-mata karena Allah dan istiqomahlah. Ketiga, pantaskan diri kita untuk pertolongan Allah. Untuk poin ketiga ini tentu perlu penjelasan khususnya untuk keinginan untuk berumroh atau haji ini. Untuk memantaskan diri, ada beberapa hal yang perlu dilakukan: 1. menabunglah semampu yang kita bisa. 2. khususkanlah tabungan tersebut untuk umroh atau haji. 3. beri tahu orang-orang terdekat kita tentang niat kita agar mereka selalu mengingatkan kita tentang niat awal yang kita bangun. 4. berdo'alah dan meminta do'alah kepada orang-orang terdekat dengan kita agar Allah SWT kabulkan keinginan tersebut. 5. jangan pernah berhenti menabung sekecil apapun tabungan yang bisa kita lakukan. 6. serahkan segala upaya tersebut kepada Allah Yang Maha Kaya. Bertawakallah. Semoga Allah segera kabulkan niat kita untuk beribadah ke tanah haram-Nya. Aamiin. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar