Senin, 07 Oktober 2013

Menulis apa ya?

Entah apa yang harus saya tulis saat ini. Saya benar-benar blank. Saya kadang iri kepada mereka para penulis yang mampu menghasilkan tulisan yang banyak dan berbobot. Struktur tulisan mereka begitu runut dan enak untuk dinikmati (dibaca). Keinginan untuk menulis memang menggebu dalam diri saya, tapi kadang sering sekali "malas" menghampiri tanpa permisi. 

Untuk tahap awal, rasanya saya perlu paksaan dari orang lain untuk membantu menyemangati. Caranya? Ya, bisa dengan mengikuti kursus atau pelatihan menulis atau dengan berkolaborasi untuk menulis satu tema tertentu. Saya harus menancapkan tekad "sulit tapi bisa, bukan bisa tapi sulit". Sesulit apapun sebenarnya kalau kita mau berlatih setiap hari ide-ide itu akan mengalir dengan sendirinya, dan kita akan mampu menulis dengan sangat mudah semudah dan senikmat makan kacang atau pizza.

Benar kata pepatah, "Alah bisa karena biasa". Kita tidak menjadi trampil karena menghafal semata, tapi kita bisa berhasil membuat tulisan yang bermutu karena kita terbiasa menjaring ide dengan praktik untuk menuliskannya. Gak percaya? Coba saja, nanti juga ketagihan. Kalau sudah ketagihan, mau buat buku berapa jilid pun insya Allah kita akan enjoy saja. Dan secara otomatis kita akan bergerak mencari referensi atau bahan-bahan yang relevan untuk menunjang kualitas tulisan kita.

Jadi, yang terpenting sekarang adalah kita mau memulainya. Karena, kata si empunya kata bijak : Pekerjaan yang paling sulit diselesaikan adalah pekerjaan yang tidak pernah dimulai. Betul apa betul? Ya iyalaah... Mau selesai bagaimana wong dimulai saja tidak. Mulailah dulu maka kita akan tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Begitu pula dengan menulis. Kita tidak akan punya tulisan secuil pun kalau kita tidak pernah menulis. Maka tulislah dan selesaikanlah, kita akan punya tulisan. Masalah kualitas, jangan menilai dulu. Kalau tulisannya sudah ada apalagi sudah ada beberapa tulisan, kita akan bisa membandingkan antara tulisan pertama, kedua, ketiga , dan seterusnya, apakah ada progres atau tidak. Tapi, yakinlah, semakin sering kita menulis akan semakin baguslah tulisan kita.  Sure!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar