Rabu, 11 Juli 2012

Tulislah!!!

Saya ingin menulis apa yang ingin saya tulis karena menulis itu mencerdaskan. Menulis itu memberdayakan. Menulis itu menguatkan. Menulis itu memberdayakan. Menulis itu menghilangkan stress. Menulis itu menyembuhkan. Menulis itu menyehatkan. 

Saudaraku, menulislah!!! Gunakan waktu kita untuk sesuatu yang berguna. Gunakan waktu kita untuk sesuatu yang monumental. Menulis adalah salah satu cara untuk menjadikan ilmu kita bermanfaat sepanjang adanya dunia ini. Ia bisa bermanfaat walaupun kita sudah mati berkalang tanah. Jasad kita sudah hancur dimakan rayap. 

Bagi seorang guru, menulis bisa melahirkan murid-murid tanpa batas waktu. Ia akan melahirkan murid walaupun tidak berhadapan langsung dengan orangnya. Bagi seorang penguasa, menulis akan melahirkan ideologi kepemimpinan yang bisa dianut oleh pengikutnya sepanjang sejarah. Coba bayangkan betapa masifnya manfaat dari menulis. Memang berlaku juga sebaliknya. Kalau kita kurang hati-hati dan kita menulis sesuatu yang tidak benar, maka tulisan kita akan menjadi keyakinan sebagian orang yang membacanya dan ia akan tetap salah selama tidak ada yang mendeteksi tulisan kita dan meluruskannya. Oleh karena itu, hendaknya kita berhati-hati dengan tulisan kita. Pastikan apa yang kita tulis adalah apa yang kita yakini benar. Kalaupun salah dan kita masih hidup, buatlah tulisan yang meralat tulisan terdahulu.

Jangan hanya beralasan untuk tidak melahirkan karya apapun. Karena curhatan kita, atau tulisan yang berupa pengalaman sehari-hari kita pun bisa jadi sangat bermanfaat untuk orang-orang yang hidup setelah kita. Kalau pengalaman itu kurang baik, maka akan jadi pelajaran agar orang tidak melakukan apa yang pernah kita lakukan. Sebaliknya kalau pengalaman kita baik dan bermanfaat, biarkan orang mengikuti jejak kita dan menjadikan apa yang sudah kita lakukan sebagai teladan yang bisa ditiru sebagai kebaikan. 

Maka, buatlah sejarah dengan menulis...

Selamat menulis Sahabat!!

1 komentar:

  1. Betul juga....tapi untuk menjadi penulis kita juga harus banyak membaca...Bacalah....jangan malas membaca....dengan membaca otak kita akan semakin cerdas....fikiran kita menjadi terbuka....membaca itu juga perintah agama....sedikit sekali orang yang suka membaca....tidak pernah membaca , apa yang mau ditulis....gunakanlah waktu sesudah sholat tahajjud untuk membaca , insya Allah ingatan kita akan semakin kuat.
    selamat membaca dan menulis sahabat.

    BalasHapus