Selasa, 12 November 2013

Agar Tidak Malas Belajar


"Orang yang sukses adalah orang yang mampu mempertahankan semangatnya dikala orang lain hilang semangatnya".
********

"Pak saya pengen deh berubah jadi rajin," ujar salah seorang siswa saya di chatting facebook.

Saya jawab,"Gampang Nak...."

"Gimana?" Telisik dia lebih jauh.

"Berubahlah jadi rajin..." jawab saya mengikuti gaya Pak Mario Teguh. hehe...

"Iya caranya?" Timpal dia penasaran.

Itulah cuplikan percakapan saya yang terjadi tadi sore. Saya pikir pertanyaan ini mewakili banyak anak yang selama ini mempunyai masalah dalam belajar dan nilai yang didapatkan baik pada ulangan harian, UTS maupun UAS. Karena semalas apapun anak sebenarnya ia juga pasti ingin mempunyai prestasi seperti teman-temannya. Ingin memberi kebanggaan buat orang tua dan orang-orang terdekatnya. Akan tetapi kadang tidak sedikit anak yang memang ditumpulkan daya rajinnya oleh banyak hal. Bisa karena gaya mengasuh orang tua yang kurang tepat, pergaulan dengan anak-anak lain yang memang malas, atau karena guru yang kurang mampu memberi motivasi kepada anak didiknya.

Nah, kembali kepada tips/cara bagaimana agar seorang anak menjadi rajin belajar dan meninggalkan budaya malas. Tentu masing-masing orang punya tips atau pendapat sendiri mengenai cara agar menjadi rajin dalam belajar. Saya akan menyampaikan beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan oleh kita atau anak-anak didik kita agar tidak malas belajar dan tumbuh rasa ingin belajarnya.

Dalam menjalani masa pendidikan, belajar kadang merupakan satu rutinitas yang menimbulkan rasa malas dan bosan untuk tetap konsisten melakukannya. Banyak faktor yang mempengaruhi mood belajar, baik itu faktor lingkungan, pikiran, maupun kata motivasi dari orang tua.

Kita sendiri sebagai seorang yang masih harus meneruskan sekolah hendaknya memiliki kemauan yang kuat untuk belajar. Nah berikut ini beberapa cara agar tidak malas belajar yang dapat kamu coba.

A. Dengan mengubah cara belajar

Kalau selama ini kita menggunakan cara belajar yang monoton dan asal-asalan, maka cara-cara di bawah ini perlu kita coba. Dengan harapan kita bisa belajar dengan lebih baik.
  1. Berdo'a; segala sesuatu akan lebih baik jika kita awali dengan membaca do'a. Karena dengan do'a insya Allah kita akan merasa lebih tenang, lebih konsentrasi dan lebih siap untuk belajar. 
  2. Mengubah susunan ruang belajar; suasana yang monoton bisa menjadi salah satu sebab kita malas belajar. Ada baiknya untuk mengubah letak buku atau meja belajar kita agar kelihatan lebih fresh. Mungkin yang tadinya menghadap ke utara diubah menjadi ke selatan atau sebaliknya. Yang tadinya menghadap timur kita ubah menjadi ke barat atau sebaliknya. Tentu dengan tetap mengutamakan kenyamanan kita.
  3. Berganti posisi belajar; kalau biasanya kita belajar sambil duduk, mungkin patut dicoba untuk berpindah ke ruang lain dan sambil berdiri atau jalan-jalan dengan tetap membaca buku. Namun hindari belajar sambil berbaring karena akan menyebabkan ketiduran dan juga merusak mata.
  4. Menyegarkan suasana belajar; rutinitas belajar dapat kita segarkan dengan menyediakan makanan ringan atau minuman seperti teh atau kopi untuk menyegarkan pikiran. Tapi, jangan sampai lupa niat utama kita adalah belajar. Karena sebagian kita dengan makanan dan minuman itu seringkali menjadi terlena, yang harusnya menjadi giat belajar malah belajarnya ditinggalkan. Akhirnya, yang masuk makanannya saja bukan pelajarannya. Hehehe... Bisa juga dengan mendengarkan musik dalam volume yang pelan.
  5. Menarik nafas panjang; ketika kita sudah bosan belajar sedangkan tugas dari sekolah masih menumpuk, maka selingilah dengan menarik nafas panjang melalui hidung dan hembuskan lewat mulut. Hal itu akan membuat pikiran kita segar kembali dan dapat meneruskan belajar.
  6. Akhiri dengan do'a; seperti pembukaan, kegiatan belajar dapat kamu akhiri dengan berdo'a agar apa yang dipelajari dapat meresap ke dalam hati dan pikiran.
B. Dengan meningkatkan motivasi belajar

Kadang di antara kita banyak yang sudah tahu bagaimana cara belajar yang baik, tapi karena motivasi yang kurang kuat ia tetap jadi pemalas. Oleh karenanya kita akan coba gali beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar kita.
  1. Menanamkan kemauan dan niat yang tinggi untuk belajar. Jika di awal kita sudah mempunyai kemauan dan niatan yang tinggi maka kita akan menjalankan segala hal yang membuat kita senang belajar.
  2. Bergaullah dengan orang yang rajin belajar dan orang yang berprestasi. Bergaul dengan orang yang rajin belajar dan orang yang berprestasi mempunyai dampak yang positif. Kita bisa menganalogikannya orang yang bergaul dengan pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan pandai besi maka kita akan kecipratan bau bakaran besi. Sebaliknya jika kita bergaul dengan penjual minyak wangi maka akan kecipratan harum minyak wangi.
  3. Yakinlah, bahwa tidak ada orang malas yang sukses. Keyakinan ini perlu ditumbuhkan dengan melihat rekam jejak orang-orang sukses dalam hidupnya, bagaimana sampai mereka bisa berhasil. Sebaliknya kita juga harus coba memperhatikan bagaimana nasib orang-orang yang gagal dalam hidupnya, rata-rata mereka adalah orang yang tidak mau berjuang lebih kuat dalam hidup dan karirnya.
  4. Bayangkan, kalau kita punya prestasi maka orang-orang terdekat kita akan senang dan bangga. Gambaran ini harus terus dihadirkan dalam imajinasi kita, bagaimana senyum lebar orang tua kita, adik dan kakak kita, saudara-saudara kita, maupun tetangga kita seandainya kita sukses. Bayangkan dan terus hadirkan.
  5. Hitunglah, berapa banyak biaya yangg sudah dikeluarkan orang tua kita agar kita jadi anak yang pandai. Kalau kita malas berarti kita sudah menyia-nyiakan pengorbanan mereka. Sayang kan? Hitung dari mulai uang jajan kita setiap hari, SPP kita tiap bulan, biaya buku dan seragam. Belum lagi ketika kita masih kecil, berapa biaya melahirkan kita, susu yang dibeli orang tua kita dan seterusnya.
  6. Harus banyak baca buku maupun menonton film-film kisah orang-orang besar yang sukses, mulai dari Rasulullah, para sahabat, dan orang-orang yg sukses setelahnya. Tidak ada satupun dari mereka yang malas dan menyia-nyiakan waktu untuk sesuatu yg tidak berguna.
Itulah beberapa hal yang bisa saya ungkapkan di sini. Sekali lagi ini barangkali hanya sebagian tips saja dari sekian banyak tips yang bisa diberikan. Semoga bisa menjadi bahan renungan kita. 

Salam sukses sahabat!!!

1 komentar: