Kamis, 07 November 2013

Penghalang Kesuksesan (3)

Penghalang #3: Malas
 
Rasa malas sejatinya merupakan sejenis penyakit mental. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas-jelas sangat merugikan. Sukses dalam karir, bisnis, dan kehidupan umumnya tidak pernah datang pada orang yang malas. Rasa malas juga menggambarkan hilangnya motivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan atau apa yang sesungguhnya dia inginkan.

Menurut (Edy Zaqeus: 2008) rasa malasa diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam keluarga besar rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban,dll.

Pendapat lain menyebutkan bahwa malas juga merupakan salah satu bentuk perilaku negatif yang merugikan. Pasalnya pengaruh malas ini cukup besar terhadap produktivitas. Sesungguhnya, rasa malas adalah bisikan di antara sekian banyak bisikan setan yang masuk ke relung hati kita. Ia akan menjerumuskan kita ke jurang kehancuran yang tidak kita sadari semenjak awal. Jika sekali saja kita memberi peluang kepada diri untuk bermalas-malasan, maka yakinlah tubuh akan menuntut kesempatan kedua, ketiga, dan seterusnya. Suatu saat, ia akan menjadi suatu kebiasaan yang kita anggap lumrah dan biasa dalam hidup.

Kebiasaan negatif ini akan menjelma menjadi zona nyaman yang akan mengikat kita untuk terus berada di dalamnya. Akan diperlukan energi ekstra besar untuk menarik diri agara bisa keluar dari zona nyaman ini. Oleh karenanya, buanglah jauh-jauh kebiasaan malas. Ia akan menjerumuskan kita dari tujuan hidup yang sudah dicanangkan. Ia akan menjadi penghalang kesuksesan kita.

Kita diajarkan oleh Rasulullah SAW agar memperbanyak do'a agar kita terhindar dari sifat-sifat negatif, di antaranya sifat malas:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemurungan dan kesusahan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari tekanan utang dan paksaan orang lain."

Agar kita lebih produktif dan bisa meraih sukses yang kita impikan, maka tak ada lain yang harus kita lakukan adalah mengusir rasa malas itu dari diri kita. Bagaimana caranya? Paling tidak ada 7 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa malas yang selalu menghantui kita: 
  1. Hidup terorganisir.
  2. Membuat "to-do" list (daftar kegiatan) setiap malam sebelum tidur.
  3. Selesaikan hal pertama yang ada di "to-do" list di pagi hari.
  4. Cek pakaian kita.
  5. Jadilah orang aktif dan sadar akan waktu.
  6. Selalu membawa notebook atau catatan.
  7. Tetapkan hari Minggu untuk bermalas-malasan.
Semoga kita terhindar dari sifat malas ini sehingga kita bisa menggunakan waktu dengan maksimal dan meraih kesuksesan tertinggi kita. Aamiin. Wallahu a'lam.

Next....  Penghalang Kesuksesan (4); [Penghalang #4: Lingkungan yang Negatif] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar