Senin, 11 Juni 2012

Kecerdasan Kepemimpinan Pendidikan

Seorang pemimpin haruslah mempunyai kecerdasan, karena pemimpin yang tidak cerdas akan menurunkan kewibawaannya, akan ditipu oleh bawahannya, dan organisasi akan kacau, bahkan, bubar. Tetapi kecerdasan pemimpin jangan terlalu jauh dengan kecerdasan bawahannya. Dalam artian bahwa seorang pemimpin harus dapat menyelaraskan irama kepemimpinannya dengan tingkat kecerdasan bawahannya. Sehingga semua bisa berjalan beriringan.

MacGilchrist, et al. (2004) mengembangkan sembilan kecerdasan pemimpin yang dibutuhkan sekolah untuk memimpin guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik. Kesembilan kecerdasan kepemimpinan pendidikan itu adalah sebagai berikut.
  1. Kecerdasan etika: adil, hormat kepada orang lain, menjunjung tinggi kebenaran, dan bertanggung jawab.
  2. Kecerdasan spiritual: mencari makna hidup, berakhlak mulia (iman dan takwa).
  3. Kecerdasan kontekstual: memahami lingkungan lokal, regional, nasional, dan global.
  4. Kecerdasan operasional: berpikir strategis, mengembangkan perencanaan, mengatur manajemen, dan mendistribusikan kepemimpinan.
  5. Kecerdasan emosional: mengenal diri sendiri, mengenal diri orang lain, mampu mengendalikan emosi, dan mengembangkan kepribadian.
  6. Kecerdasan kolegial: komitmen terhadap tujuan bersama, mengetahui kreasi, pembelajaran multilevel, dan membangun kepercayaan.
  7. Kecerdasan reflektif: menyediakan waktu untuk refleksi, evaluasi diri, mempelajari secara mendalam, dan menerima umpan balik untuk perbaikan.
  8. Kecerdasan pedagogik: mengembangkan visi baru dan tujuan pembelajaran, meningkatkan kompetensi mengajar, sikap keterbukaan di kelas, dan bersikap mendidik.
  9. Kecerdasan sistematik: memberi contoh model mental, berpikir sistem, mengorganisasi diri sendiri, dan mengefektifkan jaringan kerja.
Semoga bermanfaat!!

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum W.W. artikel bagus .mohon dimaafkan dapatkah akhi Amir Mahmud menyimpulkan atau membuat definisi dari kecerdasan itu sendiri biar menjadi lebih singkat dan mudah diingat.salam dan terima kasih.

    BalasHapus