Senin, 06 Januari 2014

Manajemen Cemburu

A. Definisi Cemburu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, cemburu artinya keirihatian, kesirikan, kecurigaan, kekurangpercayaan. Menurut psikolog Ratih Ibrahim cemburu adalah bagian dari rasa, perasaan, yang merupakan bagian dari emosi negatif pada manusia. Cemburu muncul seiring dengan rasa takut akan kehilangan apa yang sudah dimiliki. Cemburu biasa terjadi pada hubungan relasional antara kekasih, suami istri, saudara atau teman terhadap yang lain. 

B. Mengelola Rasa Cemburu

Rasa cemburu bisa jadi "bumbu" dalam pernikahan yang bisa lebih merekatkan hubungan cinta. Ia bisa menjadi bukti cinta. Akan tetapi, kalau rasa cemburu itu muncul secara berlebihan dan dalam intensitas yang sering bisa jadi justru akan merusak suatu hubungan. Oleh karena itu, rasa cemburu harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Berikut ini beberapa tips untuk mengelola cemburu:
  1. Selalu berpikir positif ; Jagalah selalu pikiran kita agar tetap husnudzdzan. Kalau kita sudah melakukan yang terbaik untuk pasangan kita, jangan biarkan pikiran negatif menghantui kita. Karena pikiran itu akan membuat kita selalu takut dan khawatir, pada akhirnya justru hubungan akan semakin tidak nyaman. Serahkan saja semua penjagaannya kepada Allah SWT, karena Dialah Sang Pengelola hati manusia.
  2. Sibukkan diri dengan kegiatan positif ; Dalam kondisi "menganggur" biasanya pikiran kita akan membayangkan yang tidak tidak. Maka dengan menyibukkan diri tentu kita akan mengurangi kemungkinan berpikir yang negatif.
  3. Bergaul dengan orang-orang yang baik ; Orang-orang di sekitar kita akan sangat menentukan sikap yang kita ambil, karena mereka punya pengaruh yang besar dalam mengambil keputusan. Bergaul dengan orang baik sangat memungkinkan kita lebih berpikir jernih dan lebih baik. 
  4. Menjaga komunikasi ; Kecemburuan yang berlebihan biasanya muncul dari asumsi yang berlebihan dan kran komunikasi yang tersumbat. Oleh karenanya, komunikasi yang baik meniscayakan kita tidak terbelenggu di alam prasangka. Komunikasikan duduk persoalannya dengan elegan sehingga masing-masing pihak bisa saling memahami.
  5. Kenali sifat pasangan ; Banyak di antara kita yang sudah begitu lama bersama pasangan tapi kita belum kenal betul siapa pasangan kita, bagaimana sifat yang sesungguhnya. Kenalilah sifat pasangan kita agar kita bisa lebih tenang saat melepas dia kerja atau keluar rumah. Ketahui apa kesukaan dan ketidaksukaan pasangan kita. Ungkapkan perasaan cemburu kita dengan  bahasa yang dapat diterima oleh pasangan kita. Sesuaikan bahasa kita dengan karakter pasangan kita agar semuanya berjalan baik-baik saja.
  6. Jangan panik ; Kuasai keadaan saat kita dilanda rasa cemburu. Tarik nafas lebih dalam untuk menjaga agar kita tidak meluapkan rasa marah kita. Pikirkan semua dengan jernih. Diskusikan duduk persoalannya dengan kepala dingin.
  7. Ingat terus kebaikan-kebaikan pasangan dan segera lupakan dan maafkan kesalahan-kesalahannya ; Hal ini adalah cara jitu untuk meredam kecemburuan kita. Kita seringkali cemburu dengan hal-hal kecil yang tidak sebanding dengan kebaikan yang sudah diberikan atau dilakukannya kepada kita.
  8. Bersukacitalah ; Nikmati kebersamaan kita dengan pasangan dengan sepenuh hati. Pupuk terus perasaan cinta dan kasih sayang kita baik dengan kata-kata manis maupun dengan sikap-sikap yang menyenangkan pasangan kita. 
Semoga beberapa tips tersebut bisa menjadi sedikit pengingat agar kita bisa mengelola rasa cemburu dengan baik dan elegan. Sehingga rasa cinta dan kasih sayang kita akan tetap terjaga bahkan terus membesar. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar