Kamis, 23 Januari 2014

Pendidikan Profesi Guru

Program sertifikasi guru oleh pemerintah adalah upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru. Saat ini ada beberapa program yang dijalankan pemerintah yaitu PLPG, portofolio dan PPG. Namun, sudah dipastikan nantinya hanya PPG yang akan dijalankan pemerintah.

Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) akan berakhir pada tahun 2014 ini. Selanjutnya, mulai tahun 2015 sertifikasi guru hanya akan diberikan melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan selama setahun. PPG sendiri nantinya akan dibagi menjadi dua jalur pembiayaan, yaitu dibiayai pemerintah melalui jalur seleksi dan biaya pribadi. 

Program PPG dinilai lebih tepat dilaksanakan, karena akan lebih menjamin kualitas keilmuan dan profesionalisme guru dibandingkan dengan PLPG yang hanya dilaksanakan 9 sampai 10 hari. Guru akan mempunyai ilmu yang lebih matang dan bukan hanya formalitas semata.

Untuk sekedar gambaran tentang apa dan bagaimana Pendidikan Profesi Guru (PPG), sahabat bisa lihat dan download di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar