Jumat, 23 Maret 2012

Berani "Salah"

Saat saya punya keinginan untuk belajar menulis, awalnya saya tidak punya keberanian yang cukup untuk melakukannya. Saya takut kalau ada pembaca yang mengkritik saya. Akan tetapi, kemudian saya berpikir kalau saya tidak pernah mulai menulis karena ketakutan dikritik, kapan saya akan bisa menulis dengan baik? Justru kritikan dan masukan itulah yang nantinya akan menjadikan tulisan saya lebih baik dan layak untuk dibaca. Keterampilan menulis sebenarnya bukan hanya berkutat pada masalah teori atau pengetahuan yang mumpuni saja, tapi yang paling penting adalah bagaimana kita bisa memulainya, sehingga otot menulis kita menjadi terlatih dan akhirnya kita akan terbiasa menulis tanpa harus terpaku dengan kaidah yang ada yang justru sering kali membuat kita takut untuk memulai.

Artinya, yang terpenting dari semuanya adalah M.U.L.A.I S.A.J.A. Kalau kita tidak pernah mulai kapan akan menjadi? Gitu aja kok repot... Percayalah Sahabat RTS (Road to Success), ketika kita sudah mulai istiqomah untuk menulis setiap hari, maka menulis itu akan menjadi kebutuhan kita. Kalau ga nulis sekali saja kayaknya gimanaaa gitu... kayak ada yang hilang.. Hehe...

Fakta yang seringkali mengejutkan adalah kalau kita sudah mulai menulis dan terus menulis, setelah tulisan kita mulai agak banyak, cobalah tengok kembali dan telaah tulisan-tulisan itu, biasanya kita akan kaget... kenapa? Kita serasa tidak percaya kalau kita bisa membuat tulisan "sebagus" itu. walaupun mungkin di sana sini masih banyak kekurangan, jangan pernah takut, lakukanlah... beranilah.. kalaupun nanti ada kekurangan kan bisa diedit agar lebih bagus lagi. Lain lagi kalau kita tidak pernah menulis, apanya yang akan diedit.

Tentang ini saya pernah membaca salah satu tulisan yang intinya bahwa untuk bisa menulis gunakanlah otak kanan dan edit dengan otak kiri. Maksudnya, otak kiri kan lebih cenderung terikat dengan norma-norma dan peraturan yang rigid dan kaku, sedangkan otak kanan lebih cenderung bebas di dalam berpikir. Jadi, waktu kita mulai menulis menulislah dengan hati dan bebaskanlah diri kita untuk terus menulis, baru setelah tulisan ada mulailah mengeditnya dengan otak kiri agar lebih rapi dan lebih enak dibaca. Mengalir aja Sahabat RTS...!!!

Simpelnya, kalau ada orang yang tanya kepada kita, bagaimana sih agar kita menulis? Jawabannya: Menulislah!!! Sama halnya dengan jawaban bagi pertanyaan: Bagaimana agar saya bisa berani? Jawabannya: Yaa... Beranilah!!!

Wallahu a'lam...:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar