Minggu, 18 Maret 2012

Teman Sejati... Adakah??

Teman adalah dia yang selalu ada untuk kita. Dia selalu ada dalam suka maupun duka. Teman adalah dia yang mengusap air mata saat kita bersedih. Teman juga merupakan sosok yang mau berbagi saat ia bahagia. Teman semestinya tidak ada yang buruk. Akan tetapi, pada kenyataannya kita sering menemukan ada teman yang justru menjerumuskan kita dalam kenistaan. Membawa kita dalam kondisi yang tidak baik, yang curang, yang jahat. Maka, muncullah apa yang kita sebut dengan teman sejati. Inilah yang dimaksud dengan teman dalam pengertian awal. 

Teman adalah harta yang paling berharga, seribu teman masih kurang, satu musuh sudah terlalu banyak. Begitu berartinya seorang teman buat kita, maka jangan pernah sia-siakan dia, jangan pernah sakiti dia. Karena sekali kita menyakitinya sama saja kita membuang harta yang sangat berharga dalam hidup kita.

Mencari teman

Mencari teman yang baik saat ini memang susah. Kita sudah sering disuguhi cerita yang miring tentang teman. Ada teman yang tadinya begitu dekat tapi ternyata kedekatannya hanya sebatas lip sevice saja, ia kemudian mengkhianati pertemanannya karena sesuatu. Mungkin karena alasan materi. Mungkin karena rasa sakit hati. Mungkin karena kecemburuan. Atau kemungkinan-kemungkinan yang lainnya. 

Memang sulit mencari teman sejati, akan tetapi kalau kita terlalu banyak memilih juga kemungkinan kita tidak akan mendapatkan satu teman pun. Suatu pepatah mengatakan, "Barangsiapa yang mencari teman yang tidak mempunyai kekurangan, maka ia tidak akan pernah mempunyai teman". Pepatah atau ungkapan ini saya kira benar adanya. Karena, setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Teman sejati adalah teman yang bisa menerima keadaan temannya apapun keadaannya. 

Kalau begitu, bagaimana caranya agar kita mempunyai banyak teman tanpa takut terbawa ke dalam keburukannya. Jawabannya adalah, buatlah pertahanan diri yang kuat dengan kekuatan iman dan tetap istiqamah di jalan keimanan tersebut. Insya Allah badai sebesar apapun tidak akan mampu menggoyahkan kita. Rasulullah SAW pernah dimintai nasihat oleh seorang sahabat: "Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku dalam Islam ini suatu perkataan yang tidak akan pernah aku tanyakan kepada orang lain...! Rasulullah menjawab: Katakanlah, aku beriman kepada Allah kemudian istiqomahlah".

Sekedar renungan....

Sekedar renungan....Baca dari Eramuslim (Oleh Hafizh Kharisma)
Teman adalah seseorang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahanku, bukan seseorang yang membicarakanku di belakang dan membiarkanku tetap dengan kesalahan yang ku buat tanpa tahu apa yang salah.
Teman adalah seseorang yang tidak menumbuhkan perasaan negatif dalam hati dan pikiranku.
Teman adalah seseorang yang menegurku manakala aku membicarakan orang lain.
Teman adalah seseorang yang tidak membiarkanku menghabiskan waktu dengan sia-sia untuk sekedar mengobrol tanpa makna.
Teman adalah yang seseorang tidak pernah berbicara kasar dan mempengaruhiku untuk ikut bicara kasar.
Teman adalah seseorang yang ingin aku menjadi lebih baik.
Teman adalah seseorang yang membuatku berpikir positif dan tidak berprasangka buruk
Teman adalah… pasti masih banyak kata-kata lain yang mewakili arti seorang teman…
------
Namun, yang pasti teman adalah manusia biasa yang tak lepas dari salah dan lupa....
Maka, teman yang baik adalah teman yang mau berbesar hati meminta maaf jika salah dan memaafkan kesalahan teman yang berbuat salah...  (http://mawaddah1985.multiply.com/journal/item/4?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar