Kamis, 10 Mei 2012

Selamat Berjuang Anak-Anakku!

Hari kemarin, Rabu, 09 Mei 2012 kalian sudah menyelesaikan rangkaian ujian yang barangkali cukup melelahkan. Kurang lebih satu bulan kalian terus disuguhi ulangan-ulangan/ujian-ujian yang sambung menyambung seolah tidak mengindahkan rasa kemanusiaan kalian. Tapi, ya sudahlah... indahnya hidup memang akan kalian rasakan kalau hidup ini dipenuhi dengan dinamika yang ada, seperti adanya ujian, cobaan dan penderitaan dalam hidup ini. Kita bisa bicara enaknya sehat kalau kita pernah sakit. Kita bisa bicara nikmatnya sedikit santai kalau kalian pernah merasakan kesibukan. Intinya, syukurilah semua yang kalian terima atau yang kalian alami di sekolah sebagai bagian dari pembelajaran hidup yang akan jadi cerita indah di masa yang akan datang.

Untuk Anak-Anakku Peserta Didik Kelas 6 SD Islam At-Taqwa

Anak-anakku! 
Kurang lebih 3 tahun lamanya kita, Bapak dengan kalian sudah saling mengenal. 3 tahun yang lalu awal Bapak menjadi guru baru bagi kalian. Guru bagi sebuah pelajaran yang mungkin tidak begitu "bergengsi" atau bukanlah pelajaran inti yang harus kalian pelajari. Bahasa Sunda. Ya itulah nama mata pelajarannya.  Tahukah kalian, waktu pertama kali masuk kelas, Bapak bingung setengah mati. Saat di antara kalian ada yang berisik saat Bapak masuk kelas kalian Bapak hanya bisa tersenyum kecil sambil berharap kalian mengerti kalau Bapak ingin kalian mengikuti pelajaran dengan baik.

Saat kalian yang waktu itu kelas 4, sepertinya "nakal" dan tidak mau mengindahkan kata-kata Bapak, Bapak anggap itu sebagai hal biasa dan Bapak tidak boleh marah karenanya. Ketika kalian Bapak tanya kembali tentang pelajaran yang telah Bapak sampaikan dan kalian hanya bisa bengong karena mungkin tidak paham, Bapak hanya bisa berdoa bahwa suatu saat nanti kalian akan mengambil manfaat dari pelajaran yang Bapak sampaikan. Walau kadang terbersit pikiran kalau Bapak memang sama sekali tidak berhasil dalam mendidik kalian. 

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, akhirnya sampailah kalian dipenghujung pembelajaran kalian di SD Islam At-Taqwa. Walau kadang terselip rasa kesal dalam beberapa keadaan, yakinlah bagi Bapak pribadi Bapak selalu melihat senyum kalian menyunggingkan harapan besar di masa yang akan datang. "Nakal"nya kalian. Nggemesinnya kalian. Berisiknya kalian di kelas.Kata-kata kalian yang kadang kurang sopan. dan lain sebagainya, biarkan itu semua menjadi kenangan indah yang tidak akan terlupakan hingga masa di mana kalian sudah menjadi manusia-manusia dewasa seperti kami guru-guru kalian. Satu harapan Bapak dan juga mungkin guru-guru yang lain, jangan pernah kalian melupakan kami, guru-guru kalian yang barangkali agak sedikit ga bermutu atau norak di hadapan kalian.

Anak-anakku!
Maafkan bapak ya... dan juga guru yang lainnya kalau selama Bapak dan juga guru lain bergaul dengan kalian banyak sekali sikap Bapak yang tidak berkenan di mata kalian. Mungkin ada yang pernah tersakiti baik dengan perkataan maupun perbuatan juga sikap Bapak terhadap kalian, dari lubuk hati yang paling dalam Bapak ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada kalian atas segala dosa dan khilaf yang telah Bapak lakukan kepada kalian. Tidak ada sedikitpun niat untuk menyakiti kalian. Bapak hanya ingin kalian menjadi anak-anak yang baik, anak-anak yang sukses dan berhasil dalam mengarungi bahtera kehidupan kalian yang semakin hari semakin dipenuhi dengan gelombang yang luar biasa besar. Hanya orang-orang yang terampil dan sungguh-sungguh yang bisa menaklukkan gelombang tersebut.

Kalian harus menyadari bahwa ujian yang baru saja kamu lewati bukanlah akhir dari perjuangan kalian, justru inilah awal dari perjuangan besar yang akan segera kamu mulai. Bapak hanya berpesan kepada kalian, dimanapun kalian berada, teruslah kibarkan nama baik SDI At-Taqwa. Jagalah selalu akhlak dan sikap kalian di ahadapan siapapun. Tunjukkan bahwa pendidikan yang kalian terima selama ini telah berhasil menjadikan kalian generasi yang berakhlak baik dan mampu memberi contoh yang baik bagi lulusan-lulusan dari sekolah-sekolah lain.

Dan akhirnya, Bapak ucapkan selamat berjuang anak-anakku sekalian... Pandanglah selalu dunia kalian dengan penuh optimisme dan pengharapan bahwa kalian bisa meraih sukses seperti yang kalian impikan selama ini. Yakinlah bahwa dengan bersandar pada Sang Pemberi kesuksesan (Allah SWT) kalian akan dapat meraih sukses yang besar...!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar