Kamis, 26 April 2012

Hasil RAKER SD Islam At-Taqwa 2012

Alhamdulillah, akhirnya kemarin kami para pendidik dan tenaga kependidikan SD Islam At-Taqwa Pamulang sudah selesai melaksanakan Rapat Kerja di Desa Jogjogan Cilember Cisarua. Banyak hal yang kami bicarakan dan kami putuskan (walaupun masih sementara) untuk kemajuan SD Islam At-Taqwa di masa yang akan datang. Kami dibagi dalam beberapa komisi yang berbeda, mulai dari Komisi Kurikulum, Komisi RKS/RKAS, Komisi Gema Muharram, Komisi Idul Qurban, Komisi Lomba dan Pentas Seni (LOPES), Komisi Study Tour, Komisi Penjadwalan, Komisi Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Komisi Pesantren Ramadhan, dan Komisi Kebersihan. Berbagai cara teman-teman dalam menyampaikan ide dan pemikiran sesuai dengan komisi yang dipercayakan kepada mereka. Dari mulai yang serius sampai yang kocak juga ada. Tanggapan pun muncul dari berbagai komisi yang berbeda saat satu komisi selesai menyampaikan paparannya di hadapan komisi yang lain.

Memang, tidak bisa dipungkiri kalau banyak orang tentu akan banyak pemikiran yang bermunculan. Kadang juga ada rasa ketidakenakan, ada saling balas pendapat dan mungkin juga ada rasa "dendam". Tapi saya yakin semua bisa menyikapinya dengan sangat dewasa. Cukup "konflik" itu di dalam saja saat rapat, keluar dari sana semestinya sudah tidak ada perselisihan dan pertikaian lagi. Semua harus sudah clear. 


Ada beberapa hal penting yang dihasilkan baik berupa perubahan dalam sistem pembelajaran ataupun dalam pelaksanaan beberapa kegiatan. Tentu ini sebatas yang bisa saya ingat, karena saya tidak menulis semua secara lengkap. Berikut beberapa hasil raker yang menurut saya cukup mendasar.


Pertama; Dari komisi Kurikulum, mengusulkan beberapa pemikiran berupa: 1) Perubahan jam pembelajaran setiap harinya. Untuk kelas 1 dan 2 ada perubahan pada pembelajaran di hari Jum'at, yang biasanya anak kelas 1 pulang pukul 11.05, karena ada sedikit perubahan dan pengurangan jam pelajaran maka anak kelas 1 bisa pulang pada pukul 10.10. Untuk kelas 3, tidak ada perubahan yang berarti karena mereka pulang pada jam yang sama baik di hari Jum'at maupun di luar hari Jum'at. Sementara itu, untuk kelas 4-6 ada perubahan yang cukup signifikan, yang awalnya mereka pulang pada pukul 14.25, untuk tahun depan diusulkan untuk bisa pulang sama dengan kelas 3 yaitu pada pukul 13.50, sehingga guru-gurunya pun yang tadinya pulang pukul 14.45 tahun depan diusulkan bisa pulang pukul 14.15. Sementara itu, untuk kegiatan ekstra kurikuler akan dimasukkan di hari-hari Selasa, Rabu, dan Kamis ditambah Sabtu untuk ekskur Futsal dan Tae Kwon Do. Nah, karena ekskur-nya sudah dimasukkan di hari-hari biasa maka hari Jum'atnya, setelah anak-anak Jum'atan semua peserta didik dipulangkan dan waktu kosong setelah Jum'at rencananya akan digunakan oleh guru untuk acara pengajian guru, membicarakan program dan pembuatan RPP dan lain-lain kewajiban guru, tentunya diatur pembagian Jum'at perminggunya.

2) Pengurangan jam pelajaran untuk SBK dan PJOK, yang semula masing-masing 4 jam pelajaran, menjadi @ 2 jam pelajaran dengan alasan efektifitas dan keefisienan. Memang selama ini 4 jam pelajaran dirasa terlalu banyak bagi guru yang kompetensinya bukan di bidang seni dan olah raga. 3) Ada penggantian pelajaran yang tadinya pelajaran Budi Pekerti diganti dengan pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ). 4) Karena alasan ada tumpang tindih dalam materi pelajaran maka diusulkan untuk pelajaran Al-Qur'an-Hadits untuk diganti dengan pelajaran Aqidah-Akhlaq dengan harapan materi budi pekerti dan akhlaknya dapat Qur'an dan haditsnya sebagai landasan dari agama Islamnya juga masih tetap didapatkan. Sehingga secara substansi pelajaran kita tidak ada yang berkurang malah justru bertambah dari sisi konten dan kualitas. Insya Allah. 


Kedua; Dari komisi lainnya, tanpa dirinci per-komisi, ada beberapa yang baru, diantaranya: 1) Untuk acara PHBI, yang akan ditonjolkan adalah acara Gema Muharram (tahun baru Islam) dengan acara yang sedikit berbeda. Untuk kelas 1-3 akan diadakan karnaval, sedangkan untuk kelas 4-6 acaranya adalah mencari jejak dengan muatan dan pemberian soal-soal agama Islam. 2) Untuk PHBN yang akan ditonjolkan adalah peringatan HARDIKNAS dengan rencana acara berdasarkan usulan teman-teman adalah lomba siswa berprestasi dengan jenis lomba penulisan karya ilmiah. 3) Untuk komisi Study Tour perubahannya dari tahun lalu, di tahun yang akan datang study tour akan dilaksanakan dengan dibagi tiga, kelas 1-2, kelas 3-4 dan kelas 5-6. Gurunya pun dibagi tiga masing-masing tour didampingi oleh 10 orang guru. 4) Untuk Pesantren Ramadhan tahun depan juga akan dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau di tahun sebelumnya anak kelas 4-6 ada acara menginap di sekolah, untuk tahun depan tidak ada. 5) Komisi Idul Qurban memberi pemaparan yang tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena memang dalam kegiatan qurban tidak perlu ada sensasi yang dimunculkan yang penting bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Hanya saja agak sedikit panas ketika saya mengungkapkan ketidaksetujuan saya tentang adanya urunan qurban dengan alasan bahwa qurban itu adalah syari'at yang terikat ketentuan khusus yang sudah ada contoh dan acuannya dari Al-Qur'an dan As-Sunnah. Dan tinjauannya harus fiqih karena sifatnya terikat waktu yang tidak bisa ditawar-tawar. Komisi ini menanggapinya dengan tinjauan filosofis dan tasawuf tentang esensi bahwa latihan qurban dimaksudkan untuk melatih mereka untuk peduli. Saya sendiri setuju saja dengan konsep pembelajarn kepedulian tapi untuk diterapkan di pelaksanaan qurban Idul Adha saya sangat tetap tidak setuju. Yang saya usulkan untuk tahun berikutnya hendaknya digalakkan lagi tabungan qurban anak-anak yang dimulai dari awal tahun. Nantinya kalau ada anak yang sudah mempunyai tabungan yang mencukupi untuk qurban maka diikutkan untuk qurban, dan seterusnya.

Demikian sebagian hasil RAKER kami. Semoga di tahun yang akan datang kita bisa meningkat menjadi lebih baik. Wallahu a'lam...

1 komentar: