Minggu, 08 April 2012

Tentukan Tujuan Hidupmu

"Mulailah langkahmu dari akhir perjalanan..."

Sekilas mungkin pernyataan di atas agak sedikit aneh. Tapi kalau kita mulai pikirkan kembali lebih jauh inilah perjalanan yang sesungguhnya. Inilah perjalanan yang benar dan terarah. Maksud dari akhir perjalanan di sini adalah tujuan. Mempunyai tujuan yang jelas wajib hukumnya bagi siapapun kita yang ingin meraih kesuksesan besar. Ibarat kita berjalan kalau kita tidak mempunyai tujuan maka kita tidak akan pernah sampai ke manapun. 

Andrew Carnegie, orang terkaya di Amerika awal 1900-an, mengatakan,"Jika kau ingin bahagia, tentukan tujuan yang memberdayakan pikiranmu, membebaskan energimu, dan mengilhami harapanmu." Dari pernyataan ini hal yang bisa kita ambil pelajaran adalah bahwa tujuan ibarat api yang akan membakar semangat kita untuk menggapainya, ia akan melecut energi terbesar di dalam diri kita, dan ia akan mengilhami setiap langkah hidup yang akan kita tempuh. Dengan tujuan yang jelas seseorang akan menemukan keajaiban hidup, bahkan yang mungkin awalnya sesuatu yang orang-orang anggap tidak mungkin untuk dicapai. 

Tujuan kita adalah visi hidup kita. Jika tidak mempunyai visi, maka hidup mudah goyah, tanpa arah, dan cenderung pasrah (saat keadaan buruk datang). Mohamad Ramdan, dalam bukunya Start from the Finish Line , memberikan ilustrasi soal itu. Dia mengibaratkannya dengan gawang dalam pertandingan sepak bola. Pertandingan akan berlangsung ngawur dan membosankan jika tidak ada gawangnya; tidak ada target yang hendak dituju. Maka kehidupan tanpa tujuan adalah kehidupan yang meniscayakan kengawuran.

Hal yang sama juga dalam hidup. Jalan cerita hidup dari sekarang hingga akhir nanti tidak akan ngawur dan membosankan apabila kita memiliki tujuan yang jelas dalam hidup. Semua tujuan hidup kita tersebut hanya akan dapat dinikmati hasilnya apabila kita membingkainya dalam batas-batas waktu dan kriteria target yang jelas. Betapa sebenarnya hidup kita berpusat kepada tujuan akhir yang kita tetapkan sekarang. Dari tujuan akhir itulah kita akan menentukan rute terbaik yang harus kita tempuh untuk selanjutnya menyiapkan strategi dan amunisi yang tepat untuk menjalaninya. Demikian menurut Ramdan seperti yang dikutip oleh M. Iqbal Dawami.

Selaras dengan apa yang disampaikan Ramdan, Jack Canfield dalam bukunya "The Success Principles" menegaskan begitu Anda mengetahui tujuan hidup Anda, menentukan visi Anda, dan memperjelas apa kebutuhan dan hasrat sejati Anda, Anda harus mengubahnya menjadi target dan tujuan yang khusus dan terukur, kemudian menindaklanjutinya dengan keyakinan bahwa Anda Akan mencapainya. Nyatakan semua dalam rincian yang jelas dan terukur. Seperti hari, tanggal, jam, warna, jumlah dan lain sebagainya. Jangan katakan bahwa Anda akan mencapainya suatu saat nanti.

So, tentukan tujuan Anda dari sekarang... iya, s-e-k-a-r-a-n-g...:-)
Sukses selalu untuk Anda!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar