Kamis, 12 April 2012

Menyikapi Masalah

Apa itu masalah? Masalah adalah sesuatu yang terjadi karena adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Antara teori dengan fakta yang terjadi. Hal ini bisa menimbulkan kemarahan, ketersinggungan atau kebingungan bagi orang yang mengalaminya. menurut Mbah Wiki (wikipedia.com), masalah atau dalam bahasa Inggrisnya problem adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. Masalah biasanya dianggap sebagai suatu keadaan yang harus diselesaikan. Umumnya masalah "ada" saat seorang individu menyadari keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang diinginkan.

Masalah adalah fasilitas yang sangat luar biasa, yang sengaja Allah berikan untuk kita agar kita bisa tahu siapakah diri kita sebenarnya. Dengan masalah kita bisa tahu apakah kita adalah pecundang ataukah kita adalah pemenang dalam hidup ini. Yaah... tentunya kita seharusnya menjadi pemenang bukan jadi pecundang karena pada hakikatnya sejak lahir kita adalah pemenang setelah kita mengalahkan sel sperma lain yang jumlahnya bisa jutaan sel. Maka sebagai pemenang sejati mestinya kita tidak lari dari apapun masalah yang mendera kita sebesar apapun masalah itu.


Persinggungan dengan masalah memang memerlukan pil sabar dosis tinggi, karena biasanya adanya masalah yang menimpa bisa menguras energi yang kita miliki. Di sinilah kita perlu bijak dalam menyikapinya. Perlu kita sadari bahwa masalah bukanlah sesuatu yang akan menjatuhkan kita selama kita sadar bahwa masalah adalah sebuah training yang Allah ciptakan agar kita menjadi kuat dalam menghadapi hidup yang tidak selalu nyaman. Dengan demikian semestinya kita mampu mengucapkan terima kasih terhadap masalah yang datang kepada kita. Thank you Allah, thank tou problem...

Dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia kerja ataupun pada sebuah keluarga masalah biasanya timbul karena komunikasi yang salah atau bahkan karena tidak adanya komunikasi. Komunikasi yang tersumbat bisa menyebabkan masalah dalam berbagai sektor. Bahkan masalah kecil yang disikapi dengan salah atau dengan komunikasi yang menyimpang akan berpotensi menjadi masalah besar yang bisa merenggut ukhuwah dan persaudaraan kita.

Untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi sebenarnya sangat simpel bagi kita yang bisa mengendalikan dirinya dengan baik dan topangan hidupnya adalah Allah. Ia tidak akan mengatakan, "Duhai Allah, masalahku sangat besar." Tapi ia akan bilang,"Wahai masalah, aku punya Allah yang Maha Besar." Sahabat, masalah sebesar apapun yang kita hadapi sungguh sangat mudah bagi Allah untuk mnyelesaikannya. Oleh karena itu, bersandarlah kepada Allah, niscaya kita akan tenang dan nyaman juga bahagia dalam hidup ini. Selain itu, kita harus ingat betapa hidup yang akan kita jalani ini begitu singkat dan terlalu sebentar kalau hanya kita pakai untuk memikirkan atau mempermasalahkan sesuatu yang hanya akan merenggut rasa bahagia kita. 

So, mari selesaikan masalah dengan smart, dengan bajik dan bijak. Dan.... nikmatilah bahagia tak berujung yang akan kita rasakan bukan hanya di dunia tapi juga di surganya Allah kelak. Insya Allah...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar